Capitan Kepiting Sekuat Gigi Singa, Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Kepiting

sumber : pixabay.com


Capitan Kepiting Sekuat Gigi Singa, Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Kepiting

Siapa yang belum pernah melihat kepiting? Pasti semua sudah pernah melihat kepiting kan! Hewan yang tinggal di air ini dan berjalan miring ini ternyata memiliki beberapa keunikan lho. Nah kali ini tulisanjaya.com akan sedikit memberikan informasi serta beberapa fakta unik dan menarik tentang kepiting. Yuk kita kenali hewan kecil ini lebih dekat.

 

Alasan Kepiting Berjalan Miring

1. Proses Anatomi

Secara anatomi, kepiting memiliki kaki yang terletak pada bagian tubuh sebelah samping kanan dan kiri. Sambungan pada kaki kepiting menekuk ke arah luar. Hal ini mengakibatkan kepiting tidak dapat berjalan lurus dan hanya bisa berjalan ke arah samping. Alasan lain mengapa kepiting berjalan miring yaitu berhubungan dengan cangkang besar yang ada di tubuhnya. Kepiting juga mempunyai kemampuan membalikan badan dengan cepat saat dibutuhkan atau dalam keadaan mendesak.

 

2. Proses Evolusi

Kepiting juga berevolusi yang membuat tubuh mereka pendek dan melebar dengan perut yang kecil. Hal ini mengakibatkan 10 kaki seekor kepiting memiliki bentuk memanjang pada setiap sisi tubuhnya. Hal ini tentu saja mengakibatkan kepiting akan berjalan miring sehingga akan lebih lancar dalam berjalan ketika menembus ombak di lautan.

 

3. Habitat Kepiting

Alasan lain mengapa kepiting berjalan miring berkaitan dengan tempat hidup mereka. Seperti yang kita ketahui, kepiting biasa hidup di pasir, pesisir pantai, air asin dan juga di hutan bakau. Dengan berjalan miring, maka akan mempermudah kepiting dalam bertahan hidup.

 

Capit yang dimiliki kepiting merupakan bagian tubuh yang dipergunakan untuk melindungi diri dari predator dan juga untuk mencari mangsa. Beberapa hewan mempunyai bagian tubuh yang tajam yang dipakai sebagai perlindungan diri. Contohnya harimau dan singa dengan taringnya yang tajam dan kuat. Namun diketahui ada fakta menarik tentang kepiting, bahwa capitan seekor kepiting sama kuatnya dengan gigitan singa. Tetapi jangan khawatir, ini hanya dipunyai oleh jenis kepiting kenari, yang merupakan hewan antrophoda darat terbesar.

Berikut ini beberapa fakta menarik kepiting yang perlu diketahui!

 

Fakta Unik dan Menarik Kepiting

sumber : pixabay.com
1. Kekuatan Capitan Kepiting Lebih Berat dari Badannya

Pernah ada penelitian untuk mengukur seberapa besar kekuatan capitan seekor kepiting. Para peneliti memakai sebuah alat pengukur untuk kekuatan gigitan, dan mendapatkan hasil yang menarik. Ternyata, kekuatan yang dikeluarkan dari capitan jenis kepiting kenari mencapai 90 kali berat badan mereka.

 

Salah satu kepiting kenari yang diteliti mempunyai berat tubuh sekitar 4 kilogram, kepiting ini memiliki kekuatan capitan hingga 330 kilogram. Kekuatan capitan ini jika dihitung-hitung hampir sama dengan kekuatan gigitan singa, sekitar 4 hingga 5 kali lebih kuat jika dibandingkan gigitan gigi manusia.

 

2. Kepiting Dapat Merasakan Sakit di Tubuhnya

Apakah kita pernah tahu bagaimana ciri-ciri hewan laut dan dan ikan yang sedang merasakan sakit? Hewan air atau ikan tidak seperti hewan darat yang akan tampak bersuara atau merintih saat merasakan sakit. Oleh sebab itu, para peneliti melakukan percobaan mengenai hal ini. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan beberapa ilmuwan, diketahui bahwa ternyata kepiting bisa merasakan sakit dan nyeri. Kepiting yang merasakan sakit atau nyeri umumnya akan berusaha menghindari sumber rasa sakit dengan bergerak lebih aktif dan mencari tempat yang aman.

 

3. Kepiting Dapat Merubah Warna Tubuhnya

Beberapa hewan memang diketahui dapat menyamarkan tubuhnya atau biasa disebut dengan kamuflase? Salah satunya yaitu sudah pasti seekor bunglon. Tetapi ternyata, kepiting juga memiliki kemampuan menyamarkan diri atau berkamuflase juga lho! Terdapat spesies kepiting yang bisa mengubah warna tubuhnya dari warna hitam ke warna putih. Ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri dari pemangsanya.

 

Tetapi diketahui, kemampuan kamuflase kepiting ini tidak berjalan dengan baik jika berdekatan dengan suara kapal kargo. Didapatkan sebuah fakta tentang beberapa kepiting yang ditempatkan dalam wadah selama delapan minggu dengan suara kapal kargo mainan dan yang tanpa suara. Ternyata, kepiting yang tidak diberi suara kapal kargo merubah warna menjadi putih dengan sempurna, sedangkan yang dengan suara kapal kargo hanya dapat merubah warna setengahnya.

 

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang kepiting. Sebelum saya mengakhiri pembahasan ini, berikut ini sedikit informasi tentang jenis-jenis kepiting yang dapat kita konsumsi.

 

Jenis-jenis kepiting yang dapat kita konsumsi

sumber : pixabay.com
Bagi para pencinta seafood, pastinya sangat tidak asing dengan berbagai olahan dari kepiting. Kepiting memiliki rasa yang khas, apalagi jika dipadukan dengan bumbu serta saus yang mantap, pasti akan membuat selera makan kita jadi naik.

 

Berbicara tentang kepiting, ternyata banyak sekali jenis-jenis kepiting yang ada. Diantaranya ada kepiting air tawar dan juga air laut. Ada kepiting yang aman untuk dikonsumsi tetapi ada juga kepiting yang beracun dan tidak dapat kita konsumsi.

 

Sedikitnya ada 5 jenis kepiting yang bisa kita konsumsi. Diantara kepiting yang dapat kita konsumsi adalah sebagai berikut ini.

 

1. Kepiting Bakau

Kepiting bakau termasuk jenis kepiting yang gampang dicari di Indonesia apalagi wilayah Indonesia adalah negara maritim. Jenis kepiting bakau juga beragam mulai dari kepiting bakau lumpur, ungu, hijau, oranye dan lainnya. Kepiting bakau mempunyai ukuran yang lumayan besar yaitu kira-kira sejengkal tangan manusia.

 

2. Kepiting Soka

Kepiting soka termasuk jenis kepiting yang memiliki cangkang lunak. Kepiting cangkang lunak dapat dikonsumsi secara langsung tanpa daging dari cangkangnya. Terdapat bermacam-macam masakan yang dapat diolah menggunakan bahan utama kepiting soka.

 

3. Kepiting Kenari

Kepiting kenari sering disebut kepiting kelapa karena suka makan buah kelapa. Kepiting kenari mempunyai ukuran cangkang yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan jenis kepiting yang lainnya, kepiting kenari cukup susah didapatkan di pasaran.

 

4. Kepiting Rajungan

Kepiting rajungan adalah kepiting yang sangat terkenal dan paling sering dicari untuk dikonsumsi. Kepiting rajungan mempunyai daging yang rasanya gurih, tekstur dagingnya pun lembut serta ukurannya juga besar. Kepiting rajungan dapat diolah menjadi berragam olahan yang lezat.

 

5. Kepiting Yuyu

Kepiting yuyu biasanya banyak didapatkan di sawah. Kepiting yuyu mempunyai rasa yang cukup lezat. Jika dilihat dari besar tubuhnya yang kecil, kepiting yuyu mempunyai daging yang hanya sedikit. Tetapi kepiting yuyu ini dapat diolah menjadi beberapa masakan yang tidak kalah lezat.

 

Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa tinggalkan komentar ya!

 

Related Posts

Posting Komentar