10 Fakta Unik Tentang Kalajengking, Bisa Bersinar di Kegelapan

fakta unik tentang kalajengking - sumber gambar pixabay.com

10 Fakta Unik Tentang Kalajengking, Bisa Bersinar di Kegelapan

Kalian pasti sudah tahu dan pernah melihat kalajengking, hewan yang memiliki ciri khas capit dan juga ekornya yang mempunyai sengat beracun. Selain itu ternyata terdapat beberapa fakta unik tentang kalajengking yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk simak beberapa fakta unik tentang kalajengking berikut ini!

 

1. Kalajengking Ternyata Melahirkan

Laba-laba berkembang biak dengan cara bertelur. Kalajengking merupakan kerabat dari laba-laba, tetapi apakah kalajengking juga berkembang biak denganbertelur? Ternyata tidak, kalajengking berkembang biak dengan cara melahirkan anak-anaknya.

 

Anak-anak kalajengking lahir satu per satu dari induknya, selanjutnya bayi-bayi kalajengking harus langsung memanjat naik ke atas punggung induknya. Hal ini dikarenakan bayi kalajengking belum mempunyai rangka luar yang padat dan juga kuat. Jadi mereka harus terus berada di atas punggung induknya hingga selesai berganti kulit, umumnya sesudah 50 hari.

 

2. Sebelum Kawin, Kalajengking Akan Berdansa

Salah satu keunikan reproduksi hewan ini tidak hanya terjadi ketika melahirkan bayi, namun juga sebelum sang induk kawin. Ketika akan kawin, kalajengking jantan akan memegang capit si betina menggunakan capitnya. Kemudian mereka akan berjalan maju mundur dan ke semua arah, sangat mirip seperti orang yang sedang berdansa.

 

Kalajengking jantan kemudian akan mencari tempat yang pas di tanah untuk meletakkan spermatofora, yaitu bagian pada tubuhnya yang mengandung sperma. Selanjutnya itulah yang nantinya akan membimbing kalajengking betina untuk berdiri di atasnya hingga terjadi proses pembuahan.

 

Seluruh proses ini dapat berlangsung selama berjam-jam bahkan bisa satu hari. Tidak mengherankan jika setelah proses tersebut selesai, kalajengking betina akan kelaparan dan akan memangsa apa pun yang berada di sekitarnya, termasuk kalajengking jantan. Jadi setelah proses tersebut, kalajengking jantan harus segera melarikan diri supaya dapat selamat.

 

3. Kalajengking Memiliki Usia Yang Panjang

Kelompok serangga umumnya hanya dapat hidup selama beberapa minggu atau bulan saja, sedangkan untuk laba-laba biasanyanya dapat hidup sampai beberapa tahun. Akan tetapi kalajengking memiliki masa hidup yang lebih lama. Kalajengking diketahui dapat hidup hingga usia 25 tahun. Ini berarti kalajengking merupakan jenis Arachnida dengan usia terpanjang.

 

4. Mereka Mampu Bertahan Dalam Kondisi Ekstrem

Usia kalajengking yang panjang salah satunya dikarenakan kemampuan adaptasinya yang luar biasa. Mereka memiliki kemampuan untuk memperlambat laju metabolisme pada tubuhnya. Dengan begini, memakan seekor serangga saja sudah cukup bagi kalejengking untuk bisa bertahan hidup hingga 1 tahun!

 

Kalajengking ternyata juga mampu bertahan hidup di dalam air lho. Itu dikarenakan kalajengking bernapas dengan menggunakan paru-paru buku, organ pernapasan yang fungsinya mirip seperti insang. Bahkan ketika di darat pun, metabolismenya yang lambat membuat kalajengking hanya membutuhkan sebanyak 10 persen oksigen jika dibandingkan serangga lainnya.

 

5. Kalajengking Dapat Bersinar di Kegelapan

sumber gambar : piqsels.com

Fakta unik kalajengking selanjutnya yaitu mereka dapat bersinar. Ya, kalajengking ternyata dapat bersinar di kegelapan! Rangka luar kalajengking mampu menyerap sinar ultraviolet (UV) kemudian memantulkannya sebagai cahaya yang nampak berwarna kehijauan.

 

Para ilmuwan mempunyai beberapa pendapat tentang mengapa kalejengking dapat bercaya di dalam kegelapan. Pendapat pertama yaitu kalajengking bercahaya untuk mendeteksi apakah cahaya bulan sedang bersinar terang, yang dapat mengakibatkan mereka mudah ditemukan musuhnya. Pendapat lainnya, cahaya tersebut adalah semacam alarm untuk predator supaya tidak mendekat.

 

6. Kalajengking Berkerabat Dengan Kutu dan Laba-laba

Kalajengking adalah termasuk hewan beruas delapan kaki (oktopoda) yang tergolong ke dalam ordo Scorpiones. Hewan yang mempunyai dua ribu jenis lebih ini, ternyata masih berkerabat dengan kutu, caplak, tungau dan juga laba-laba, yaitu termasuk ke dalam kelas Arachnida.

 

7. Kalajengking Purba Memiliki Bentuk Lebih Sederhana

Kalajengking purba, ditemukan pada masa pertengahan Paleozoikum sekitar 400 juta tahun yang lalu. Berbeda dengan bentuk kalajengking biasanya, kalajengking purba ternyata mempunyai bentuk yang lebih sederhana. Tubuh kalajengking purba mempunyai banyak ruas yang terlindungi oleh cangkang tipis.

 

Perbedaan lainnya yaitu dari ukuran tubuhnya. Bentuk tubuh kalajengking purba ukurannya dapat mencapai 100 kali ukuran kalajengking yang biasa kita lihat sekarang ini. Fakta lainnya adalah kalajengking purba hidup di dalam air.

 

8. Tidak Ditemukan Kalajengking di Antartika

Meskipun kalajengking sering disebut tersebar hampir di seluruh bagian dunia, nyatanya tidak semua tempat dapat kita jumpai kalajengking. Hewan ini menyukai tempat yang hangat, sehingga tidak akan ditemukan di daerah yang berhawa dingin seperti di Antartika, Selandia Baru, Greenland, serta pulau-pulau lain di sekitarnya.

 

Ini dikarenakan iklim di daerah tersebut begitu dingin. Sehingga kalajengking tidak dapat bertahan hidup di sana. Jika mereka berada pada suhu udara 14 derajat celcius, kalajengking akan menjadi hewan yang tidak aktif.

 

9. Kalajengking Mempunyai Kemampuan Mengendus

sumber gambar : piqsels

Untuk bisa mengetahui posisi mangsanya, kalajengking memanfaatkan getaran dari permukaan tanah. Disamping itu, kalajengking juga mempunyai kemampuan untuk mengendus mangsanya dengan baik.

 

10. Kalajengking Kecil Lebih Berbahaya

Semua jenis kalajengking mempunyai racun yang mematikan dan berbahaya. Tetapi apakah kalian tahu bahwa kalajengking yang mempunyai ukuran besar, ternyata racunnya tidak mematikan jika dibandingkan kalajengking yang berukuran kecil. Kalajengking dengan ukuran sedang maupun kecil, lebih agresif jika dibandingkan yang berukuran besar. Racunnya pun lebih kuat dan berbahaya. Meskipun kita sering menganggap kalajengking tidak terlalu berbahaya, kita sebaiknya harus tetap hati-hati ya!

 

Nah, itulah 10 fakta unik tentang kalajengking perlu kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya!

Related Posts

Posting Komentar