Cara Membuat Totebag Sendiri, Mudah dan Praktis

 

cara membuat totebag

Cara Membuat Totebag Sendiri, Mudah dan Praktis

Ketika kalian masuk pada pusat perbelanjaan, mungkin kalian akan menjumpai orang yang menjinjing totebag. Bahkan, ssekarang ini banyak orang yang memilih totebag untuk dijadikan souvenir pernikahan. Kelebihan totebag yaitu bisa menjadi tas yang multifungsi. Modelnya totebag sangat simple, sehingga dapat dipakai sebagai tas belanja, kuliah, jalan-jalan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

 

Di samping itu, totebag juga bisa dipakai berulang kali karena di buat dari bahan kain, sehingga akan lebih ramah lingkungan. Kita bisa membuat totebag sendiri dengan desain sesuai keinginan. Berikut ini cara membuat totebag yang mudah dan praktis yang bisa diterapkan.

 

Pilih Kain Yang Akan Digunakan

Kain merupakan bahan utama yang harus disiapkan sebelum mengaplikasikan cara membuat totebag. Tetapi selama ini, kain kanvas menjadi yang bahan kain yang paling familiar digunakan untuk membuat totebag. Sebenarnya masih ada jenis bahan kain lain. Berikut beberapa pilihan yang bisa kalian gunakan :

 

Kain Blacu Kanvas

Kain blacu kanvas relatif lebih tipis jika dibandingkan jenis kain kanvas lainnya, paling mudah ditemukan di pasaran.

 

Kain Kanvas Marsoto

Jenis kain kanvas ini cukup tebal sehingga tidak gampang robek, umumnya mempunyai tekstur bintik-bintik pada permukaan kainnya.

 

Kain Kanvas Terpal

Jenis kain kanvas yang tebal, tidak mudah robek, paling kuat, dan bahkan tahan pada suhu yang tinggi.

 

Kain Drill

Bahan ini pada permukaannya terdapat serat serta tekstur garis-garis miring, biasanya dibuat dari campuran katun lembut dan polyester.

 

Kain Denim

Bahan kain ini seperti celana jeans, cukup tebal, dan sangat kuat.

 

Kain Spunbond

Meskipun bahan ini terbuat dari biji plastik, spunbond bisa didaur ulang dan dipakai berulang kali sehingga ramah lingkungan.

membuat totebag

Cara Membuat Totebag Sendiri

Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Jika sudah menentukan kain apa yang akan kalian gunakan untuk membuat totebag? Sekarang saatnya kita menyiapkan berbagai peralatan yang diperlukan yaitu :

- Bahan kain yang sudah kalian pilih

- Penggaris

- Gunting kain atau rotary cutter

- Pensil atau kapur jahit

- Jarum pentul

- Setrika

- Mesin jahit

- Mesin obras

 

Tentukan Ukuran Totebag Yang Ingin Dibuat

Cara membuat totebag juga harus melalui tahap pengukuran dan tidak bisa asal-asalan. Tentunya ukuran totebag dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai rekomendasi, kalian dapat memakai pilihan ukuran berikut :

- Ukuran 60×50 cm jika ingin membuat totebag berukuran cukup besar

- Ukuran 35×40 cm jika ingin membuat totebag berukuran sedang

- Ukuran 30×35 cm jika ingin membuat totebag berukuran kecil

 

Potong Kain Sesuai Ukuran

Jika sudah menentukan ukuran, sekarang saatnya kita mengukur bahan kain. Tandai ukuran pada kain memakai kapur jahit atau pensil. Jika sudah, potong kain sesuai garis penanda yang sudah dibuat.

 

Nah, dari potongan ini, kita akan memperoleh dua lembar kain berbentuk persegi panjang dengan ukuran sama. Selanjutnya, gabungkan kedua lembar kain tersebut dengan posisi saling berhadapan. Ini akan memudahkan kita dalam membuat bagian utama atau bada totebag.

 

cara membuat totebag

Jahit Potongan Kain Menjadi Totebag

Jahit bagian sisi bawah, kiri, dan kanan kain persegi panjang memakai mesin jahit. Sisakan celah terbuka di bagian atas kain. Kemudian dengan menggunakan mesin obras, lakukan obras di sepanjang tepi kain. Tujuannya supaya serat-serat pada kain tidak gampang terurai.

 

Cara membuat totebag berikutnya yaitu membalikkan kantung kain tersebut supaya bagian yang terlihat bagus berada di luar. Untuk merapikan celah pada bagian atas totebag, kita dapat melipat ujung kain ke arah dalam. Selanjutnya, press lipatan ini memakai setrika dan tindaslah dengan menggunakan mesin jahit. Jika sudah, lipat badan utama totebag menjadi tiga bagian yang sama besar. Tandai setiap lipatan sebagai acuan untuk memudahkan dalam penempatan tali totebag nanti.

 

Pemasangan Tali Totebag

Buatlah pola tali totebag pada bahan kain dengan ukuran panjang dan lebar sesuai keinginan sebanyak empat gambar. Potong kain sesuai garis penanda atau gambar. Kita akan memperoleh empat potongan kain yang memiliki ukuran sama. Sama seperti badan totebag, gabungkan masing-masing dua potong kain ini dengan sisi bagian baik yang berhadapan.

 

Kemudian, jahit bagian tepi kain yang panjang kemudian balikkan kain sampai sisi bagian baik berada di luar. Press tali totebag memakai setrika. Baru kemudian pasangkan tali totebag pada area yang sudah kita tandai pada badan totebag. Supaya sambungannya lebih kuat, sebaiknya membuat pola jahitan berbentuk kotak dengan jahitan diagonal di dalamnya.

 

Nah, itulah cara membuat totebag yang bisa dicoba di rumah Alat dan bahannya untuk membuat totebag juga cukup mudah didapatkan. Semoga bermanfaat!

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar