5 Fakta Unik Bunga Dandelion, Bunga Liar dan Cantik

 

fakta unik bunga dandelion

5 Fakta Unik Bunga Dandelion, Bunga Liar dan Cantik

Bunga dandelion merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di daratan Asia dan Eropa. Ciri khusus dandelion yaitu bentuk batangnya yang panjang serta bunganya yang membentuk bulatan. Beberapa jenis warnanya ada yang berwarna ungu, kuning, putih, dan yang lainnya.

 

Walaupun sering dianggap tanaman yang mengganggu, tanaman ini mempunyai keunikan dan juga keindahan. Selain itu tanaman ini mengandung banyak manfaat bagi manusia karena mengandung vitamin, serat, kalsium, tiamin, folat, fosfor, dan juga magnesium. Berikut ini beberapa fakta unik bunga dandelion, tumbuhan liar yang dianggap hama tapi cantik.

 

1. Dipakai Untuk Obat Sejak Dahulu

Bunga dandelion memang telah dipakai untuk mengobati beberapa penyakit sejak dahulu, yaitu membantu melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi. Selain itu, dandelion bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radikal bebas dan menurunkan berat badan.

 

Bagian yang bisa digunakan mulai dari daun, bunga, batang, serta akarnya. Walaupun termasuk tumbuhan liar, tetapi seluruh bagian dari dandelion mempunyai banyak manfaat.

 

2. Tumbuh Liar Tanpa Perawatan

Berbeda dengan bunga lainnya seperti melati, mawar dan anggrek, bunga dandelion tumbuh liar tanpa perawatan. Tanaman ini bisa tumbuh bebas di mana saja di tempat yang memiliki tanah yang subur. Bijinya yang kecil dan mudah terbang membuat tumbuhan ini bisa muncul di mana pun.

 

Selain itu, bunga yang dianggap sebagai hama ini sebenarnya dapat menciptakan pemandangan yang indah jika tumbuh dalam jumlah banyak dan mekar. Tetapi diperlukan lahan yang luas supaya keindahannya tidak dianggap sebagai hama.

 

3. Mempunyai Kelopak Bunga Yang Unik

Bunga yang mempunyai jenis warna kuning dan putih ini bulunya mudah terbang, tangkai yang tinggi, dan juga terdapat benih pada bagian ujung kelopaknya. Bentuk bunganya yang bulat dan mungil, menjadikan bunga ini salah satu penambah daya tarik pada rangkaian bunga.

 

Bisa saja bunga dandelion ini bisa bersaing dengan bunga anggrek atau mawar. Tetapi bunga dandelion tidak mempunyai aroma yang wangi dan dianggap tidak berharga. Banyak orang yang lebih mengenal bunga anggrek atau mawar.

 

fakta unik dandelion

4. Sering Menjadi Filosofi Hidup

Filosofi bunga dandelion dikaitkan dengan kebahagiaan, harapan, kesetiaan dan cinta. Selain itu, bunga ini memiliki filosofi seseorang yang mudah beradaptasi di mana dan kapan saja. Biji dandelion bisa terbang mengikuti angin dan biji yang jatuh dapat tumbuh kembali. Filosofi ini artinya kita harus mengikuti alur hidup dan harus kuat meskipun diterjang berbagai kesulitan hidup.

 

Demikian juga dengan batangnya yang mampu bertahan dan tidak mudah patah. Dandelion mengajarkan kita untuk mempunyai sikap berani, tetap bertahan, optimis, tidak mudah menyerah, dan bisa beradaptasi dengan segala keadaan.

 

5. Hanya Mekar Pagi dan Layu Pada Malam Hari

Dandelion mempunyai fakta unik yang lain, yaitu mekar di pagi hari dan akan layu pada malam harinya. Fase ini menggambarkan matahari terbit, yang artinya mekar dan terbenam, yang artinya layu.

 

Selain itu, tumbuhan bunga dandelion merupakan bunga yang dapat mewakili tiga benda langit, yaitu matahari, bulan, dan juga bintang. Bunganya yang berwarna kuning menggambarkan matahari, bentuk kepulannya menggambarkan bulan, dan biji-bijiannya yang menyebar menggambarkan bintang di langit.

 

Nah itulah beberapa fakta unik bunga dandelion yang perlu kalian tahu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar